BERITA

GEMARIKAN BAGIKAN BANTUAN UNTUK MASYARAKAT TERDAMPAK COVID 19

Selasa, 04 Agustus 2020   andi   117  

Hari ini Selasa (4/8), Bupati Sumbawa, diwakili Staf Ahli Bupati Bidang Pembangunan, Ekonomi dan Keuangan, Ir. H. Zulqifli, menghadiri acara Gerakan Memasyarakatkan Makan Ikan (GEMARIKAN), kerjasama Kementerian Kelautan dan Perikanan RI bersama Komisi IV DPR RI, yang bertempat di Aula Kantor Desa Teluk Santong, Kecamatan Plampang.

Kegiatan tersebut, merupakan salah satu upaya untuk membantu masyarakat terdampak Covid-19, dengan memberikan bantuan berupa 500 paket Gemarikan, yang berisi ikan/olahan ikan dan masker, produk UMKM Kabupaten Sumbawa, dengan harapan dapat membantu kelangsungan usaha UMKM ditengah pandemi.

Bupati Sumbawa dalam sambutannya menyampaikan, bahwa besarnya potensi perikanan Sumbawa ternyata tidak dibarengi dengan tingkat konsumsi ikan yang tinggi. Dikatakan, tingkat konsumsi ikan Kabupaten Sumbawa telah mencapai 50,40 kg/kapita/tahun, sedangkan secara nasional mencapai 54,49 kg/kapita/tahun untuk 2019. Ini menunjukkan bahwa tingkat konsumsi ikan kita masih sangat kurang, jelasnya.

Kurangnya tingkat konsumsi ikan, ujar Bupati, ternyata berbanding lurus dengan angka stunting di kabupaten Sumbawa, yang angkanya mencapai 31,53% pada tahun 2018, dan termasuk dalam raport kuning. “Kabupaten Sumbawa masih dalam klasifikasi gizi kurang, sementara gizi yang berasal dari produk perikanan seharusnya mampu mengatasi masalah ini”, ungkapnya.

Diakhir sambutan, Bupati mengapresiasi Anggota DPR RI Dapil Pulau Sumbawa, H. Muhammad Syafruddin, ST. MT., yang mempunyai perhatian besar terhadap Sumbawa, sehingga acara tersebut dapat dilakukan ditengah wabah covid-19 yang melanda kabupaten Sumbawa.

Sementara sambutan Dirjen Penguatan Daya Saing Produk Kelautan dan Perikanan, yang dibacakan oleh Kadis Perikanan dan Kelautan Kabupaten Sumbawa, Ir. Dirmawan menyampaikan, `awalnya tujuan Gemarikan adalah mengajak masyarakat makan ikan, namun dalam perkembangannya juga dianggap sebagai program yang efektif dalam penanganan stunting. Selain itu jelasnya, Gemarikan juga tidak hanya bertujuan meningkatkan gizi masyarakat, namun juga sebagai bentuk stimulus ekonomi.

Angota Komisi IV DPR RI, H. Muhammad Syafruddin, ST., MM., dalam sambutan singkatnya mengatakan, bahwa Gemarikan adalah salah satu program pemerintah sebagai upaya memasyarakatkan makan ikan kepada masyarakat, guna untuk meningkatkan gizi dan untuk mengurangi angka stunting yang masih relative tinggi di Indonesia.

  • Share on :